Kantor Bahasa Lampung dan Unila Gagas Kerja Sama

Rabu, 22/01/2020 – Setelah penandatanganan kerja sama siaran pembinaan dengan TVRI Stasiun Lampung, Kantor Bahasa Lampung dan Universitas Lampung dalam waktu dekat akan menjalin kerja sama bidang kebahasaan dan kesastraan. Kerja sama ini sebagai wujud implementasi UUD 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan Pepres Nomor 63 tahun 2019 tentang Pengunaan Bahasa Indonesia.

Kepala Kantor Bahasa Lampung, Dra. Yanti Riswara, H.Hum., mengungkapkan beberapa program terkait rencana penggunaan bahasa di ruang publik dan rencana pemberian penghargaan kepada lembaga pemerintah maupun swasta yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain lembaga, Kantor Bahasa Lampung juga akan memberikan penghargaan kepada perseorangan. “Penilaiannya akan dirumuskan lebih lanjut oleh Kantor Bahasa. Kami berharap Unila akan memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan hal itu,” tuturnya.

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., menyambut baik tawaran kerja sama tersebut, beliau menyatakan kerja sama program ini diharapkan menjadi role model bagi universitas lain.

Nilai dari suatu bahasa mencerminkan intelektual dan pengetahuan seseorang. Karomani merekomendasikan, Pusat Kantor Bahasa untuk dapat memberikan penghargaan kepada tokoh, institusi, atau masyarakat yang menggunakan tata bahasa dan literasi bahasa yang baik dan benar.

Ia juga berharap, kantor bahasa menunjukkan upaya keras untuk membumikan bahasa Indonesia sebagai identitas masyarakat Indonesia. “Bahasa adalah sarana pemersatu bangsa, karena bahasa Indonesia berasal dari kesepakatan,” ungkapnya.

 

baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
1
Butuh bantuan?
Layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung
Halo, Selamat datang di layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung! (Waktu layanan Senin-Jumat pukul 09.00-15.00)