Menjalin Indonesia dari Lampung “Sastra Indonesia di Lampung Hari Ini”

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra 2021, Kantor Bahasa Provinsi Lampung menggelar Menjalin Indonesia dari Lampung dengan tema “Sastra Indonesia di Lampung Hari ini” pada 15 Oktober 2021, di Hotel Horison Bandar Lampung.

Sarasehan yang dihadiri oleh para sastrawan yang ada di Provinsi Lampung ini menghadirkan narasumber yang sudah berkecimpung di dunia sastra cukup lama, yaitu: Isbedy Stiawan ZS, Ari Pahala Hutabarat, Iswadi Pratama, dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Dr. Eva Krisna.

Kegiatan ini membahas tentang perkembangan sastra di Lampung menurut sudut pandang para sastrawan, pada kesempatan itu Isbedy Stiawan menyampaikan kurangnya media bagi para sastrawan menuangkan karyanya menjadikan sastra di Lampung menjadi stagnan.

“Saya tak lagi mendapati puisi yang kuat dari Lampung. Workshop juga terasa kurang, ditambah media koran yang satu demi satu menghilangkan ruang sastra atau malah gulung tikar,” ungkapnya.

Serbuan media sosial seakan “membangkitkan” sastra dari koran/majalah ke media online. Ditambah dengan berbagai festival sastra yang kurasinya sangat longgar, karya yang lahir bagai sosialita.

“Lalu maraknya penerbitan antologi berbayar, orang punĀ  berbondong ikut agar disebut sastrawan. Tak terkecuali di Lampung,” ungkap Isbedy.

Ari Pahala Hutabarat juga mengungkapkan kehidupan sastra di Lampung tengah mengalami sedikit kurang enak badan.
“Ada transisi setelah Inggit, Fitri Yani, dan Agit. Sebab yang muncur sekadar disebut. Seharusnya selain karya yang bagus, juga memiliki jiwa heroik,” ungkapnya.
Kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube Kantor Bahasa Provinsi Lampung, bagi Sahabat Bahasa yang ingin menyaksikan siaran ulang kegiatan tersebut dapat menyaksikannya melalui tautan dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
1
Butuh bantuan?
Layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung
Halo, Selamat datang di layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung! (Waktu layanan Senin-Jumat pukul 09.00-15.00)