Seleksi Tahap 3 Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024

Ajang Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 telah memasuki seleksi tahap 3. Seleksi tahap 3 dilaksanakan di Kantor Bahasa Provinsi Lampung selama dua hari, yaitu pada tanggal 19—20 Februari 2024. Seleksi tahap ini diikuti oleh 160 peserta yang telah terjaring dari seleksi berkas pada tahap 1 dan seleksi UKBI pada tahap 2.

Seleksi tahap 3 dilaksanakan dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama yang dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2024 terdapat 84 peserta yang melaksanakan seleksi. Sebanyak 76 peserta lainnya mengikuti seleksi pada tanggal 20 Februari 2024. Peserta mengikuti proses seleksi secara bergantian sesuai dengan urutan yang telah diorganisasi oleh panitia.

Pada seleksi tahap 3, peserta mengikuti dua jenis tes, yaitu tes wawancara dan tes keterampilan. Terdapat empat poin penilaian dalam tes wawancara, yaitu wicara publik, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Lampung. Sementara itu, dalam tes keterampilan terdapat empat poin penilaian, yaitu keterampilan, keorganisasian, penampilan, dan kepribadian.

Peserta dinilai oleh juri-juri yang kompeten di bidangnya dalam tes wawancara dan tes keterampilan. Hasnawati Nasution, Ramlan Andi, dan Zadra Riyansyah merupakan juri yang menilai kemampuan peserta dalam tes wawancara. Sementara itu, dalam tes keterampilan, peserta dinilai oleh Yudo Suryo Hapsoro, Eko Parias, dan Vincentius Irvin.

Salah satu juri seleksi tahap 3, Hasnawati Nasution, mengatakan bahwa para peserta memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang cukup baik, tetapi masih kurang dalam kemampuan berbahasa Inggris dan berbahasa Lampung.

“Peserta memiliki kemampuan berbahasa yang cukup baik. Para peserta dituntut untuk memiliki kemampuan wicara publik yang baik, lalu kemampuan berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Lampung. Pada umumnya kemampuan peserta dalam wicara publik dan berbahasa Indonesia para peserta sudah cukup baik. Namun, untuk kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Lampung hanya sekitar 40% peserta yang dapat menjawab pertanyaan juri dengan lancar.”

Kegiatan seleksi tahap 3 Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2024 dapat dilaksanakan dengan baik. Yohana Shera selaku ketua panitia kegiatan juga mengatakan bahwa peserta begitu antusias mengikuti tahap seleksi ini. Beliau juga berharap peserta yang lolos ke tahap berikutnya dapat memperlihatkan kemampuan terbaiknya.

“Seleksi yang berlangsung selama dua hari ini telah berlangsung dengan lancar. Para peserta mengikuti tahap ini dengan antusias dan semangat. Kami harap peserta yang lolos akan mengikuti tahap berikutnya dengan memperlihatkan kemampuan terbaiknya.”

Pengumuman seleksi tahap 3 akan diumukan pada tanggal 22 Februari 2024. Pengumuman akan diunggah di laman dan media sosial Kantor Bahasa Provinsi Lampung dan Ikadubas Lampung. Selanjutnya, peserta akan mengikuti psikotes, tes menulis, dan krida pada seleksi tahap 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
1
Butuh bantuan?
Layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung
Halo, Selamat datang di layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung! (Waktu layanan Senin-Jumat pukul 09.00-15.00)