Siaran Langsung Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia di TVRI Lampung

Siaran langsung Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia di TVRI Lampung, Kamis, 19 September 2019 pukul 17.00. Program ini terselenggara berkat kerjasama Kantor Bahasa Lampung dengan TVRI Lampung.

Topik yang diangkat kali ini adalah “Fenomena Bahasa” . Sering dijumpai fenomena bahasa dalam masyarakat. Munculnya bahasa yang memberi warna dan ciri tertentu. Bahasa itu hadir dengan gaya dan bentuk tertentu.    Hal itulah yang dinamakan fenomena bahasa. Fenomena secara harfiah adalah hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan secara dinilai secara ilmiah; atau sesuatu yang luar biasa; juga berarti fakta atau kenyataan. Lalu, bahasa adalah suatu lambang bunyi yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi satu sama lain. Dengan demikian, fenomena bahasa dapat dikatakan suatu lambang bunyi yang terjadi atau muncul dalam masyarakat yang kehadirannya dapat dinilai secara ilmiah. Artinya kemunculan bahasa itu dapat dijelaskan berdasarkan fakta dan kenyataan.

Penutur bahasa berada dalam masyarakat heterogen. Masyarakat tersebut tersusun atas berbagai penutur bahasa yang memiliki kelompok sosial berbeda baik berdasar pendidikan, umur, etnis, dan pekerjaan. Perbedaan latar belakang para penutur bahasa tersebut meniscayakan wujud bahasa yang bervariasi. Perkembangan dan perubahan pada wujud bahasa tidak bisa dihindari sebab bahasa adalah milik manusia yang selalu mengalami perubahan aktivitas sesuai kepentingannya. Oleh karena itu bahasa mengalami perkembangan yang dinamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
1
Butuh bantuan?
Layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung
Halo, Selamat datang di layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung! (Waktu layanan Senin-Jumat pukul 09.00-15.00)