Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka

Kantor Bahasa Provinsi Lampung mengadakan kegiatan “Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka” pada 10 dan 11 Agustus 2022 di Hotel Sparks Lite, Bandarlampung. Kegiatan ini diikuti oleh seratus peserta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, seperti mahasiswa, pelajar, guru, dosen, polisi, wartawan, penyiar radio dan televisi, pegawai negeri, karyawan swasta, peneliti, penulis, dan profesi lain.

Uji  Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka ini bertujuan untuk melakukan validasi soal-soal UKBI yang telah disusun oleh tim penyusun soal UKBI Badan Bahasa; melakukan uji coba soal kepada responden dengan berbagai latar belakang profesi; dan melakukan uji coba soal massal melalui aplikasi UKBI Dinamis.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Desi Ari Pressanti, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan uji coba soal ini menjadi bagian dari kegiatan literasi yang merupakan salah satu program unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sebelum pelaksanaan uji coba soal, peserta terlebih dahulu diberi pengarahan oleh narasumber, Hasnawati Nasution. Pengarahan berisi beberapa hal, yaitu penjelasan mengenai UKBI dan UKBI Adaptif Merdeka dan tentang uji coba soal itu sendiri. UKBI atau Kemahiran Berbahasa Indonesia itu sendiri adalah alat ukur untuk mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia seseorang. UKBI Adaptif adalah UKBI yang dilaksanakan berbasis internet sehingga bisa dilaksanakan di mana saja selama terhubung dengan internet.

Setelah pengarahan, peserta kemudian melaksanakan uji coba soal. Materi yang diujicobakan terdiri atas empat paket soal UKBI. Setiap paket soal terdiri dari tiga seksi, yaitu mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca.

Pelaksanaan Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka 2022 diharapkan dapat menghasilkan data yang akurat tentang kualitas soal beserta pemetaannya.

Foto bersama peserta dengan Kepala KBPL, Desi Ari Pressanti, Ketua Panitia, Dina Ardian, dan salah seorang perwakilan peserta, Kaprodi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia, Bapak Suprayogi, S.S., M.Hum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
1
Butuh bantuan?
Layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung
Halo, Selamat datang di layanan Kantor Bahasa Provinsi Lampung! (Waktu layanan Senin-Jumat pukul 09.00-15.00)